Plugin Terbaik yang Wajib Dipasang di Wordpress - Ompian Langsung ke konten utama

Plugin Terbaik yang Wajib Dipasang di Wordpress

Plugin yang Wajib Dipasang di Wordpress
Plugin penting WordPress ini bisa diinstal di segala jenis web yang dibangun dengan mengandalkan tenaga WordPress. Plugin wajib untuk WordPress ini akan mengaktifkan beberapa fitur tambahan yang dapat mengembangkan website Anda terlihat lebih profesional dengan fitur yang lengkap.

WordPress adalah aplikasi open source, siapa pun bisa mengutak-atik, gratis, dan dikembangkan secara berkala (menaikkan versi) oleh para developer dunia. Maka, semestinya plugin WordPress harus pula diupdate untuk menyesuaikan dengan versi WordPress terbaru.

Dengan menambahkan plugin, maka fitur yang diinginkan akan secara otomatis bertambah. Website Anda jadi lebih powerful berkat plugin WordPress.

Berkat plugin pula banyak pengguna WordPress berhasil mengembangkan situs webnya tanpa harus menguasai coding. Ada juga yang bingung dan akhirnya terlalu banyak memasang plugin, padahal plugin tersebut punya fungsi yang sama dengan plugin Wordpress lainnya.

Tips penting sebelum install plugin WordPress

Artikel tentang plugin wajib Wordpress ini pernah saya muat di blog pribadi saya saat masih menggunakan CMS Wordpress.
ompian.com

Lantaran domain ompian.com sudah expired dan belum bisa dibeli (lagi), maka saya publish saja pada blog ini. Ada 5 hal (versi saya) yang harus dilakukan:
  1. Periksa fitur yang ditawarkan;
  2. Pastikan kompatibel dengan versi WordPress terbaru;
  3. Jangan pasang template nulled alias bajakan;
  4. Cari tahu siapa pengembangnya;
  5. Seleksi plugin yang paling penting sebagai prioritas.
Dalam menulis artikel ini, kelima poin di atas saya gunakan sebagai indikator penilaian untuk memilah plugin apa saja yang wajib dipasang di Wordpress.

Plugin Wajib WordPress

Sampai saat ini, ada 44ribu+ plugin resmi disediakan oleh WordPress di dalam direktorinya, tetapi tidak semua plugin tersebut bagus, alias tidak bisa dikategorikan sebagai yang terbaik untuk website Anda. Dari segi pengembangan, ada plugin yang tidak diupdate oleh developer selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Oleh karena itu, saya akan menunjukkan kepada Anda apa saja plugin wordpress yang wajib diinstall dan memilih beberapa plugin paling penting dari masing-masing kategori.

Kapan saya harus memasang plugin WordPress

Segera!

Setelah mengatur segala sesuatu terkait informasi situs web pada sejumlah menu penting dashboard WordPress, selanjutnya pasang plugin Wordpress yang saya jabarkan dalam daftar plugin wajib wordpress di bawah ini sesuai jenis plugin, kategori serta fungsinya.

Plugin wajib Wordpress yang terbaik untuk SEO

Mengoptimalkan website untuk mesin pencari merupakan sebuah keharusan. Semua website perlu dioptimasi dan diatur agar muncul di laman hasil pencarian dan mendapat peringkat terbaik di mesin pencari.
Plugin Yoast SEO

Plugin Yoast SEO

Harga: Gratis (tersedia versi premium)

Versi gratis saja sudah sangat powerful untuk mengoptimalkan website terhadap mesin pencari. Salah satu plugin WordPress terbaik yang saya rekomendasikan untuk Anda.

Setelah selesai instalasi WordPress, semestinya Anda memasang plugin ini. Yoast SEO merupakan plugin SEO untuk Wordpress terbaik saat ini.

Yoast SEO lebih bisa diandalkan untuk urusan SEO dari dalam halaman maupun konten website, atau on-page SEO. Plugin WordPress terbaik ini saya instal setelah mengonfigurasi semua pengaturan blog.

Plugin yang satu ini sudah mencapai 2 juta instalasi, rating bintang 5. Yoast SEO juga dapat mengintegrasikan halaman website Anda dengan social media, seperti Facebook dan Twitter.

Kalau Anda memasang plugin Yoast SEO, markup Facebook Open Graph meta data, twitter card juga Google Plus Authorship markup sudah tersedia di dalamnya.

Boleh dibilang, plugin Yoast SEO yang paling lengkap untuk urusan optimasi SEO. Selain itu, Yoast SEO juga memiliki XML Sitemap generator, permalink improvement, dan juga breadcrumb yang sangat membantu robot mesin pencari dan pembaca untuk menjelajahi website Anda.

All in One SEO Pack

Harga: Gratis (tersedia versi premium)

Tidak semua plugin SEO punya fitur yang sama. Kedua plugin SEO, baik Yoast SEO maupun All in One SEO punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yoast SEO dan All in One Paket SEO adalah dua plugin SEO WordPress yang paling populer di pasaran. 

Kedua plugin tersebut punya penggemar berat dan pengguna yang menganggap plugin ini penting untuk situs web mereka. Keduanya menawarkan fitur canggih. Tapi jika sebelumnya Anda memakai plugin Yoast SEO, maka Anda mungkin akan kehilangan beberapa fitur jika memasang plugin ini, seperti:
  • Analisis konten dalam halaman saat menulis artikel di plugin Yoast SEO yang menunjukkan skor SEO dan rekomendasi tentang cara memperbaikinya. (sangat membantu)
  • Breadcrumb
  • Tidak adanya fitur pengoptimalan RSS feed
  • Dan beberapa fitur lainnya
Tampilan All in One SEO cukup merusak pemandangan. Hal ini sangat mengganggu saya saat mengonfigurasi plugin. Halaman pengaturan All in One SEO mengharuskan pengguna untuk menggulir halaman dan ketika ingin mengatur settingan pada fitur lainnya.

Hal tersebut berbeda dengan laman pengaturan Yoast SEO. Anda akan disajikan halaman antarmuka yang ramah pengguna. Alih-alih menggulir halaman, Yoast SEO mensettingnya dengan membuat tab demi tab. Untuk satu pengaturan dimuat dalam satu tab tertentu. Klik tab berikutnya untuk mengonfigurasi fitur lainnya.

Plugin keamanan untuk website berbasis WordPress

Situs web atau blog yang dibangun dengan WordPress paling sering menjadi sasaran penjahat siber. Karena kepopuleran WordPress, maka banyak peretas yang menjaili website berbasis WordPress.
Plugin Wordpress untuk Keamanan

Walaupun sangat sulit ditembus, akan tetapi tidak ada salahnya situs web atau blog WordPress Anda mendapatkan fitur keamanan tambahan dengan cara menginstal plugin. Berikut ini plugin keamanan wordpress terbaik versi saya:

JetPack by Automattic

Harga: Gratis (tersedia versi berbayar)

JetPack merupakan sebuah bundling plugin yang di dalamnya berisi beberapa plugin yang akan sangat membantu Anda mengelola website berbasis WordPress.

Fitur atau fungsi dalam plugin JetPack bisa dinonaktifkan sesuka hati. Kalau sebuah fitur belum dibutuhkan oleh website Anda, matikan, aktifkan kembali jika suatu saat Anda membutuhkannya.

Pada poin ini kita akan fokus membahas fitur keamanan yang ditawarkan di dalam plugin JetPack: Proteksi dan pemantauan (protect and monitor)

Brute Force Attack Protection – JetPack akan mencegah serangan brute force terhadap website Anda, dengan cara mengumpulkan data dan menggunakannya untuk melindungi situs web atau blog Anda.

Site Monitoring – Plugin JetPack akan menginformasikan status website Anda, apakah down alias tidak bisa diakses. Setiap 5 menit Anda akan mendapatkan email pemberitahuan.

Sekedar informasi: Jika Anda memasang plugin Jetpack ini, di dalamnya terdapat beberapa perkakas untuk menambahkan fitur-fitur yang Anda inginkan. Misalnya fitur social menu, untuk menampilkan profil media sosial milik Anda di bagian menu; halaman ikhtisar utama untuk mengetahui statistik situs web Anda; fitur postingan terkait; social sharing.

… dan masih banyak lagi.

Wordfence

Harga: Gratis (tersedia versi premium)

Wordfence merupakan plugin keamanan paling lengkap, versi gratisnya saja sudah dilengkapi beberapa fitur yang mumpuni untuk mengamankan website Anda. Fitur yang tersedia meliputi:
  • Firewall blok serangan kompleks dan brute force;
  • Security Scan memberitahu Anda dengan cepat jika terjadi masalah keamanan;
  • Threat Defense Feed membuat Wordfence tetap up to date dengan data keamanan terbaru;
  • Fitur keamanan login yang tangguh;
  • Konfigurasi pesan keamanan website;
  • Wawasan tentang lalu lintas dan upaya hack;
  • Mendeteksi perubahan file website;
  • Dilengkapi fitur pemulihan keamanan;
  • Kompatibel dengan WordPress multisite;
… dan masih banyak lagi.

Kesimpulan: Jika menginginkan plugin khusus untuk kemanan website WordPress, pilih Wordfence. Untuk menginstal satu paket plugin yang berisi sejumlah perkakas atau fitur di dalamnya (bukan hanya fitur keamanan) pilihlah Jetpack plugin.

Plugin penjadwalan backup dan mengamankan data website

Sebenarnya untuk urusan backup, penyedia hosting sudah menyediakan layanan tersebut untuk Anda.

Tapi terbatas…

Kalau Anda masih baru kenal WordPress self-hosted, bisa saja Anda penasaran dan tertarik untuk mengubah atau memodifikasi tampilan website maupun plugin. Ketika mengutak-atik kode-kode plugin dan tema WordPress, bukan tidak mungkin sewaktu-waktu Anda akan melakukan kesalahan.

Anda pasti tidak ingin data di dalam website Anda hilang, bahkan karena kesalahan kecil sekali pun bukan?

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita memerlukan yang namanya plugin backup atau pencadangan data website. Jangan hanya mengandalkan penyedia hosting saja untuk mengurus backup data website. Anda bertanggung jawab untuk mem-backup situs web Anda sendiri.

Ada beberapa plugin pencadangan gratis dan berbayar untuk WordPress, dan kebanyakan cukup mudah digunakan. Di bawah ini, saya hanya akan menunjukkan 2 plugin cadangan terbaik untuk WordPress:

Plugin WordPress UpdraftPlus

Harga: Gratis (tersedia versi berbayar)

Plugin pencadangan gratis (ada juga versi berbayar) UpdraftPlus ini memungkinkan Anda untuk mencadangkan data website sesuai jadwal yang telah ditentukan. Anda bisa menjadwalkan backup secara otomatis, kemudian file data website Anda disimpan di cloud storage.

Beberapa media penyimpanan untuk pengguna plugin UpdraftPlus versi gratis yang disediakan seperti, Dropbox, Google Drive, dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan versi berbayar, harganya mulai dari $70 (2 situs web) sampai $145 (untuk penggunaan tak terbatas, >10 situs web). Versi berbayar juga mendukung penyimpanan data website ke Microsoft OneDrive, Microsoft Azure, Google Cloud Storage, Backblaze B2, SFTP, SCP, and WebDAV.

Plugin VaultPress - WordPress Backup and Security

Harga: Mulai dari $3.50/bulan

VaultPress didirikan oleh Matt Mullenweg (pendiri WordPress) dan timnya di Automattic. Plugin ini menawarkan solusi real-time backup lewat cloud storage secara otomatis.

Real-time backup sangat berguna untuk mencadangkan data website secara langsung setiap ada perubahan pada file di WordPress Anda. Plugin VaultPress merupakan plugin backup yang paling banyak digunakan oleh website-website terkemuka atau website besar yang punya banyak aktivitas di dalamnya. 

Ini fitur utama VaultPress:
  • Pencadangan penuh (full backup) harian atau setiap jam secara otomatis dalam 1 kali klik;
  • Realtime backup (untuk paket tertentu);
  • Arsip backup 30 hari untuk paket termurah, dan arsip backup tidak dibatasi untuk paket harga yang lebih tinggi;
  • Restore otomatis dalam 1 kali klik;
  • Safekeeper support kalau anda butuh bantuan.
Vaultpress bisa Anda gunakan jika berlangganan Jetpack versi berbayar dengan harga mulai dari $3,50 per bulan.

Kesimpulan: Setiap plugin WordPress punya kelebihan dan kelemahan masing-masing, mulai dari harga dan fitur yang disediakan. Untuk situs web kecil dan tidak ingin mengeluarkan biaya bulanan, pasang plugin UpdraftPlus. Kalau Anda menginginkan plugin backup yang prosesnya sangat mudah bahkan dalam sekali klik serta tidak mempermasalahkan soal harga, VaultPress mungkin pilihan yang tepat untuk Anda.

Itulah 6 plugin yang harus ada di Wordpress, versi saya dari berbagai pertimbangan. Silahkan pilih satu dari setiap kategori plugin di atas. Install plugin WordPress yang paling Anda butuhkan untuk website Anda. Pakai yang gratis saja terlebih dahulu, upgrade ke versi premium jika website Anda sudah besar atau punya penghasilan nantinya.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar