Cara Membuat Blog di Blogger.com Lengkap untuk Pemula - Ompian Langsung ke konten utama

Cara Membuat Blog di Blogger.com Lengkap untuk Pemula

Artikel ini akan sangat panjang, butuh 2000+ kata untuk menjelaskan secara terperinci kepada Anda yang baru saja mengenal blog, atau masih belum terpikirkan sama sekali apa itu blog. Anda bisa mulai dari sini jika ingin mendapatkan panduan lengkap cara membuat blog untuk pemula. Gratis!

Pertanyaan pertama untuk Anda,

Apakah Anda ingin menghasilkan uang lewat blog?

Jika iya. Untuk saat ini Anda belum beruntung, karena dalam artikel ini saya tidak menjelaskan tips dan trik mendapatkan uang dari blog. 

Tapi tenang saja... saya juga ingin sukses di blog, kok.

Saya akan mendampingi Anda membangun blog dari awal, mulai dari membuat blog baru, menulis dan menerbitkan postingan, hingga mengonfigurasi (setting) blog untuk pembaca dan mesin pencari.

Sebenarnya, kalau langsung dipraktikkan sambil membaca artikel ini, waktu Anda tidak akan sia-sia sehingga keinginan Anda untuk membuat blog hari ini juga akan segera terwujud.

Kalau saya tidak meleset, cuma butuh waktu sekitar 5 menit saja. Namun, itu belum cukup untuk menerbitkan postingan pertama blog Anda.

Satu lagi, selain menulis artikel menarik yang disukai pembaca, merencanakan dan menjadi blogger sukses dalam artian mendapatkan penghasilan dari blog pun tidak semudah yang Anda pikirkan. 

Oleh karena itu, jangan tutup tab browser Anda sebelum membaca artikel ini sampai selesai.

Apa tujuan utama Anda membuat blog?

Awal mula saya mengenal yang namanya blog kalau tidak salah tahun 2011, dan akhirnya awal tahun 2012 sudah punya blog sendiri untuk berbagi materi mata kuliah yang saya ikuti. Boleh dibilang, postingan blog saya berisi semua materi yang ada di buku.

Beberapa blog yang masih saya ingat:
alfianfreud.wordpress.com - terinspirasi dari nama Sigmund Freud;
alfiandar.blogspot.com;
pintarpsikologi.blogspot.com;
sahabat-seo.blogspot.com;
blogtimphan.blogspot.com;
postingandunia.wordpress.com
... masih banyak lagi.

Dalam pikiran saya waktu itu, blogging merupakan cara paling efektif untuk berbagi ide dan keahlian secara online. Setelah saya sadar, ide dan keahlian apa yang saya tunjukkan ke pembaca kalau isinya hanya hasil kutipan dari buku-buku? 

Makin ke sini, tujuan ngeblog saya sudah berubah, bagaimana caranya supaya saya bisa menghasilkan uang dari blog tapi di sisi lain saya tidak boleh melupakan tujuan utama: berbagi ide, keahlian berupa pengalaman pribadi saya.

Makanya, harapan saya sebelum Anda lanjut membaca artikel ini, tentukan dahulu tujuan Anda membuat blog. 

Kalau Anda sudah siap ingin membuat blog sendiri, berarti Anda sudah siap untuk:
  • Mempromosikan bisnis atau merek serta mengembangkan bisnis Anda
  • Menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah setiap bulan melalui blog
Di tahun 2020 ini, kalau Anda tidak menyiapkan tujuan membuat blog untuk 2 alasan di atas, percuma Anda menghabiskan banyak waktu untuk menulis dan mengurusi blog Anda.

Tidak ada manfaatnya..

Lalu bagaimana cara menjadi blogger sukses dan mencapai tujuan di atas?

Semua blogger bisa sukses asalkan tetap tekun dan konsisten ngeblog. Bahkan, Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog jika Anda:
  1. Tidak asal-asalan membuat blog (asal jadi)
  2. Mampu menghasilkan artikel atau konten berkualitas (secara konsisten)
  3. Mampu mempromosikan blog secara jelas
  4. Tidak mengisi konten atau artikel dengan topik random alias gado-gado
Intinya, jangan membuat blog yang pada akhirnya dikelola secara berantakan. Asal tulis, asal jadi, asal promosi, pokoknya asal-asalan.

Jika Anda mematuhi 4 aturan ngeblog di atas, blog Anda akan berkembang dan Anda pasti akan menjadi blogger yang berpeluang tinggi untuk sukses.

Empat aturan di atas sedang saya praktikkan, nomor 4 paling sulit saya hindari. Maka, oleh karena itu mari kita melangkah bersama-sama untuk mempelajari cara membuat blog mulai dari nol hingga bisa menjadi blogger sukses.

Cara membuat blog baru mulai dari NOL!

Panduan lengkap cara bikin blog ini khusus untuk pemula, mulai dari tidak paham blog apalagi code-codean pemrograman sama sekali, sampai Anda mahir mengelola blog sendiri. Ketika blog sudah diluncurkan nanti dan mendapatkan ratusan pembaca, tidak ada yang tahu bahwa Anda adalah seorang blogger pemula.

Kita mulai dengan menyiapkan alat tempur utama

4 hal yang wajib Anda persiapkan untuk membuat sebuah blog

  1. IDE (mencari dan menemukan topik untuk blog)
  2. Nama domain (sesuai topik lebih baik)
  3. Platform blogging (Blogger vs WordPress)
  4. Tema atau template (agar tampilan blog terlihat bagus)

1. Temukan topik untuk blog Anda

Banyak blogger (saya juga) memulai blogging dengan menulis segala hal. Bukan berarti menguasai segala hal, melainkan karena tertarik pada beberapa hal lalu menuangkan ide dari topik tersebut menjadi artikel ke dalam blog.

Untungnya…

Itu bukan pilihan yang buruk. Jika Anda masih baru, menulislah sampai Anda menemukan apa yang sebenarnya ingin Anda fokuskan. Apa topik yang paling Anda kuasai?

Sederhananya begini:

Jika Anda menggemari segala sesuatu tentang gadget, mulai dari kustomasi perangkat sampai menguasai hal detil tentang gadget (jika itu menyenangkan), buatlah blog seputar gadget. Pikirkan topik yang paling Anda kuasai (tidak harus menjadi ahli atau pakar di bidangnya) dan tuangkan hal tersebut ke dalam bentuk tulisan.

Bagi saya, memutuskan topik apa yang harus diisi ke dalam blog adalah salah satu bagian yang paling sulit untuk memulai sebuah blog. Saya telah mencoba menulis beberapa topik di blog saya, dan sekarang blog Ompian ini berusaha lebih fokus membahas tentang apa yang menarik minat saya (tutorial dan gaya hidup era digital) dan apa yang bisa saya rekomendasikan untuk pembaca dengan sebaik-baiknya.

Pikirkan semua hal yang Anda sukai. Hal apa yang paling Anda nikmati? Apa yang membuat Anda menyukai hal tersebut? Anda pasti akan tetap semangat dan konsisten menulis dan meluangkan waktu untuk mengelola blog jika Anda benar-benar tertarik dengan topik tersebut.

Jika topik yang dipilih tidak menarik bagi orang lain, ditambah lagi Anda tidak meminati dan menguasai topik tersebut, isi blog Anda akan terasa hambar atau tidak berkualitas.

Topik yang bisa menghasilkan uang?

Semua topik bisa menghasilkan uang, asalkan Anda mengerti dan menguasai topik yang dipilih. Jangan pilih topik yang tidak menarik bagi Anda. Pastikan konten yang Anda buat mampu menarik minat baca banyak orang.

Bahkan blog yang sekedar menyebarkan informasi lomba menulis di blog saja bisa menghasilkan uang lewat kerja sama dengan suatu brand. Niatkan ngeblog untuk jangka panjang, konsisten menulis sesuai topik yang Anda pilih, pasti akan menghasilkan uang.


2. Tentukan nama domain

Apa itu nama domain?

Domain adalah alamat –dalam hal ini– blog Anda. Nama domain blog ialah bagian dari URL.

Contoh: http://ompian.id

URL blog saya http://ompian.id dan nama domainnya adalah ompian.id

Nama domain itu penting, karena nama domain yang Anda pilih itulah brand Anda. Mencari dan menemukan nama domain akan jadi lebih mudah kalau Anda sudah menemukan topik dan ide untuk blog Anda. Tuliskan beberapa nama yang sesuai, lalu tentukan satu nama yang paling sesuai dengan topik blog yang Anda pilih untuk dijadikan sebagai nama domain Anda.

3. Pilih platform blog: Blogger vs WordPress

Ini langkah membuat blog paling menarik menurut saya.

Sebagai pemula, Anda pasti menginginkan platform blogging yang mudah disiapkan, dan tidak memerlukan keterampilan coding. Jika Anda sudah memutuskan untuk membuat blog di WordPress silakan lewati saja langkah ini.

Bila diperlukan, saya akan buat artikel khusus yang membahas cara membuat blog di Wordpress. Tuliskan di kolom komentar jika Anda ingin saya menulis tutorial membuat blog di Wordpress.com maupun instalasi CMS Wordpress (WP.org -- untuk tingkat lanjut).

Bagi Anda yang baru ingin memulai membuat blog, Anda juga perlu memikirkan jenis blog yang ingin Anda buat, untuk sekarang dan di masa depan. Membuat blog menarik dan profesional tidak bergantung pada platform blogging yang Anda pakai, apakah dengan membuat blog gratisan atau blog yang pakai layanan domain + hosting berbayar. Semua tergantung pada konten yang Anda bagikan di blog.

Saya sendiri saat artikel ini dibuat, masih memakai blog gratis Google (blogger.com). Pernah 3 tahun di Wordpress, dari domain masih .com sampai .id yang sekarang ini, sudah berpindah ke platform Blogger.com. Alasannya, saya belum kuat membiayai hosting, apalagi tahun 2018 lalu pernah dinonaktifkan sebagai publisher Adsense saat masih di WP.

Saya beri kemudahan kepada Anda dalam memilih,

Untuk Anda yang mementingkan segi tampilan, seiring pertumbuhannya Anda mungkin ingin mengubah tampilan website atau blog dan menambahkan lebih banyak fitur dengan harapan dapat meningkatkan trafik blog. Itu berarti penting untuk memilih platform blogging yang punya fleksibilitas pada segi tampilan dengan penambahan fitur yang powerful. Itulah saatnya Anda pilih Wordpress.org alias harus mengeluarkan biaya untuk bayar hosting.

Tapi perihal Wordpress nanti dulu. Pada artikel ini kita hanya akan fokus pada platform blogging Blogger.com alias blogspot atau blog gratis.

Harap diingat, memulai blog dengan platform yang salah bisa membuat Anda sangat sulit untuk beralih di kemudian hari. Ada banyak blogger yang pindah ke Wordpress, lalu pindah lagi ke blogger dengan alasan,
  • Tidak sanggup bayar hosting
  • Sulit mendapatkan visitor ke blog
  • Plugin & WP theme premium harganya mahal
  • Mau ngedit template susah, struktur file templatenya banyak. Tidak seperti blogger, cuma punya satu halaman saja.

4. Memilih template yang tepat untuk blog

Template yang bagus menurut saya kriterianya seperti yang sudah saya tulis di artikel bagaimana cara memilih template blog SEO friendly:
  1. Struktur navigasi blog jelas dan user friendly
  2. Template mudah disesuaikan
  3. Penggunaan tag heading yang tepat;
  4. Template blog responsive alias mobile-friendly;
  5. Fast loading dan super ringan;
  6. Meta tag dinamis;
  7. Ada breadcrumb list yang valid schema.org
Karena Anda sudah mempelajari cara membuat blog sampai pada langkah ini, maka 7 poin di atas harus masuk dalam kriteria template blog pilihan Anda.

Sama seperti yang telah saya sampaikan pada artikel tersebut,

Bagi saya, nilai SEO dalam sebuah template blog bisa kita perbaiki setelahnya.

Sebagai informasi tambahan untuk Anda. Di tahun 2020 ini, kalau Anda mempertimbangkan 7 kriteria template yang baik seperti poin di atas untuk blog Anda, Google pasti sangat suka itu.

Tampilan blog Anda harus bisa diakses dan nyaman dibaca pada perangkat ponsel maupun desktop tanpa harus menyulitkan pembaca dengan melakukan pembesaran pada layar perangkat mereka.

Kalau sudah, mari kita lanjut.

Persiapan sebelum membuat blog sudah. Template blog terbaik untuk blog juga sudah Anda siapkan. Berikutnya kita akan mulai membuat blog pertama Anda.

Cara membuat blog gratis di Blogger.com (blogspot)

Sebelum lanjut ke tutorialnya, pastikan Anda sudah punya alamat email yang masih aktif.
Masuk ke halaman dashboard Blogger dengan cara mengunjungi tautan blogger.com

Setelah Anda berada di halaman utama blogger, kalau Anda belum login ke akun email Anda sebelumnya, tampilannya seperti ini:

Halaman utama blogger.com

Kemudian, klik “Buat Blog” > Masukkan alamat dan password email Anda untuk login.

Setelah memasukkan alamat email dan password yang valid, maka Anda akan diarahkan ke halaman profil Blogger.

Membuat nama tampilan profil Blogger

Anda dapat membuat nama sesuai keinginan Anda. Misalnya: redaksi, editor, admin, dan lain sebagainya.

Kita juga bisa mengeditnya nanti, lewat halaman setelan pengguna

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman pemilihan judul blog dan nama domain: isikan sesuai keinginan. Saran saya: jangan terlalu sering menganti domain. Tentukan nama domain paling unik, menarik dan ringkas.

Kalau semuanya dirasa sudah beres, klik “buat blog”.

Selesai!

Sekarang Anda sudah berhasil membuat blog gratis di Blogger. Langkah pertama sudah Anda selesaikan, kita lanjut ke halaman dashboard dan mengonfigurasi beberapa settingan yang penting untuk diubah serta disesuaikan.

Pengaturan dasar Blogger

Buka dan masuk ke bilah setelan dasar Blogger:
Klik “Setelan” > Dasar

Judul, deskripsi, dan pengaturan privasi
Pada menu setelan dasar Blogger, Anda dapat mengedit atau mengubah beberapa pengaturan awal blog:

Judul – Anda dapat mengubah dan mengedit judul blog di sini.

Deskripsi – Penjelasan singkat tentang blog Anda berupa deskripsi, tagline atau slogan.

Privasi – Biarkan setelan default.

Daftar blog – Pilih “Ya”, untuk menambahkan blog Anda ke cantuman Blogger.

Visibilitas mesin pencari – Biarkan “Ya”, jika Anda mengizinkan mesin pencari merayapi blog Anda. Pilih “Tidak”, jika Anda tidak menginginkan mesin pencari untuk merayapinya.

Pengaturan alamat blog
Publikasi – Mengedit atau mengubah nama subdomain untuk blog Anda.
Secara default, blog Anda diingani di blogspot.com(namablog.blogspot.com). Tapi, Anda juga bisa membuat blog memakai domain khusus alias Top Level Domain (TLD) sendiri (contoh: ompian.id).

Beli domain khusus
Sebelum memindahkan blog ke domain khusus, Anda harus membeli domain TLD di perusahaan registrar domain tepercaya. Saya merekomendasikan untuk Anda yang masih pemula atau baru mulai membuat blog agar membeli domain murah terlebih dahulu di Dewabiz. Selain domain yang ditawarkan lebih murah dari registrar lain, mereka sering memberikan promo menarik.

Kita lanjut tutorialnya, mengatur setelan pembaca blog pada dashboard Blogger.

Awalnya, blog Anda bersifat publik, dan bisa dibaca oleh siapa saja di internet. Dengan mengonfigurasi setelan pembaca blog, Anda dapat memilih siapa saja yang bisa melihat atau membaca blog Anda:

Publik – Blog Anda terbuka untuk semua pembaca atau pengunjung secara default. Siapa saja bisa melihat blog anda.

Private – Hanya penulis blog – Hanya penulis yang telah Anda tambahkan bisa membaca blog. Anda. Penulis harus masuk untuk membaca blog ini. Anda dapat menambahkannya di setelan penulis blog.

Pribadi – Khusus untuk pembaca yang Anda tambahkan – Hanya pembaca yang ditambahkan yang bisa membaca blog Anda. Pembaca harus masuk untuk membaca blog ini.

Selesai!

Setelan bahasa dan pemformatan

Di bagian ini, Anda tidak perlu mengubah semuanya. Setelan bahasa Indonesia, atau pilih inggris jika ingin menampilkan menu penghasilan (Google Adsense) di menu dashboard Blogger. 

Setelan bahasa dan pemformatan Blogger.com

Sesuaikan saja bahasa dan zona waktu. Untuk Indonesia, set ke GMT+7:00 Jakarta. Format tanggal atur sesuai keinginan Anda.

Preferensi dan penelusuran

Ini merupakan salah satu menu penting dalam optimasi SEO blog. Dengan mengaktifkan penelusuran, Anda harus mengisi deskripsi atau keterangan tentang blog Anda.

Ingat! Deskripsi berbeda dengan tagline.

Jika Anda mengaktifkan pilihan ini, maka setiap postingan yang Anda buat nanti dapat diisi deskripsinya masing-masing pada kolom deskripsi penelusuran. Coba Anda buka halaman entri (postingan baru), sekarang sudah disediakan kolom tambahan untuk Anda di bagian setelan entri.

Perayap dan pengindeksan
Di bagian ini, klik edit Google Search Console

Anda akan dibawa ke halaman ini,

Mendaftarkan blog di Google Search Console

Ada yang masih menyebutnya, Google Webmaster Tools. Masukkan alamat blog yang baru saja Anda buat ke dalam jenis properti awalan URL 
Klik "Terus".

Anda akan disuguhkan halaman verifikasi kepemilikan, gulir ke bawah untuk memverifikasi blog dengan metode lainnya. Lihat gambar.

Verifikasi kepemilikan properti Google search console

Untuk permulaan, kita hanya akan memverifikasi dengan cara menyalin kode tag meta khusus (klik Tag HTML) lalu klik Salin.

- Kembali ke dashboard blog Anda, kemudian pilih menu "Tema".
- Klik edit HTML
- Pastekan meta tag tadi tepat di bawah <head>
- Kembali ke halaman Google Search Console, lalu klik verifikasi.

Selesai!

Jika Anda mengikuti panduan di atas dengan benar, alamat blog Anda berhasil diverifikasi.

Untuk setelan lainnya Anda biarkan saja (default) terlebih dahulu. Menurut saya, itu saja yang penting disesuaikan.

Konfigurasi untuk blog Anda telah selesai. Langkah selanjutnya tidak perlu berlebihan, langsung saja masuk ke bilah postingan, lalu buat postingan pertama untuk blog Anda.

Semoga panduan lengkap membuat blog di blogger.com ini benar-benar lengkap dan dapat dengan mudah Anda pahami. Silakan sebarkan artikel ini jika bermanfaat, tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar

Posting Komentar