Panduan Singkat Cara Menulis Artikel Blog yang Menarik - Ompian Langsung ke konten utama

Panduan Singkat Cara Menulis Artikel Blog yang Menarik

Meskipun belum cukup kompeten dalam bidang kepenulisan, Anda tetap harus menerbitkan postingan baru di blog yang berkualitas. Dengan menulis artikel blog yang menarik, Anda punya kesempatan untuk mengonversi pengunjung baru di blog menjadi pembaca tetap.

7 tips mudah membuat artikel blog yang menarik dan disukai pembaca

Saya yakin, blogger pemula khususnya, kewalahan memikirkan ide postingan.

Tapi tenang. Anda tidak sendiri.

Sangat sedikit blogger yang mau meluangkan waktu dan energi untuk secara teratur membuat konten baru atau artikel blog yang menggugah pikiran pembaca.

Padahal, jika kita ingin artikel di blog disukai pembaca atau mendapat peringkat yang bagus di Google, kita harus memaksa pikiran agar menemukan ide konten yang awesome untuk ditulis di blog atau menemukan sesuatu yang belum pernah pembaca duga dan dengar sebelumnya.

Namun, itu satu hal yang sulit.

Apa yang saya tulis hari ini, pasti sudah ada yang lebih dulu memulainya kemarin.

Jadikan itu sebagai langkah awal, menjadikan tulisan dari beberapa sumber sebagai referensi kita dalam menulis artikel. Lengkapi kekurangan dari beberapa sumber, masukkan data pendukung, dan lain sebagainya supaya artikel yang ditulis lebih lengkap dan sempurna.

Saya juga pernah mengalami beberapa hal ketika menulis artikel blog. Terkadang, saat ide artikel blog pun sudah didapat, menulis dengan penuh semangat bahkan lengkap menyentil permasalahan yang lebih mendetail, masih saja blog minim visitor. 

Pengunjung blog sedikit. Tidak sebanding dengan apa yang telah saya korbankan hingga menerbitkan artikel tersebut.

Dan untungnya, blogger lain pun mengeluh tentang ini :D
Cara Membuat Artikel Blog yang Menarik dan Disukai Pembaca

Dalam panduan singkat ini, saya hanya akan membahas sesingkat-singkatnya, sesuai pengalaman pribadi. Artikel ini akan menjelaskan apa saja langkah-langkah yang saya lakukan sebelum dan saat menulis di blog.

7 tips menulis di blog yang akan saya bahas ini akan membuat blog Anda menarik dan mengagumkan bagi pembaca dan membuat blog Anda lebih berkualitas.

1. Pilih topik yang menarik minat baca

Pemilihan topik artikel adalah salah satu bagian bagian paling krusial dalam menulis di blog. Topik yang tidak sedang populer di kalangan pembaca cukup sulit menarik minat baca mereka. Maka, pilihlah topik yang sedang hangat dibicarakan, lalu tulislah versi Anda untuk pembaca.

2. Riset topik (jelajahi) isu yang sedang hangat dibicarakan

Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin pertama. Usahakan memilih topik yang menurut Anda tengah populer, isunya sedang hangat dan banyak dibicarakan. Jelajahi terlebih dahulu topik yang Anda pilih, apakah menarik dan relevan untuk ditulis di blog Anda.

3. Menulis judul menarik

Tidak hanya tentang topik tulisan yang menjadi bagian krusial, judul artikel postingan blog juga.

Banyak orang atau lebih tepatnya warganet yang hanya membaca judul tanpa melanjutkan ke isinya. Itu artinya judul yang dibaca tidaklah menarik.

Apa artinya menulis artikel ribuan kata di blog, riset kata kunci, topiknya mantap, tapi hanya sedikit orang saja yang membaca. Perjuangan Anda dalam mengetik jadi sia-sia. Pancing pembaca dengan judul menarik. Bedakan juga antara judul dengan topik.

4. Tulisan tidak terlalu panjang

Sering kali saya menemukan artikel yang tidak ada maknanya sama sekali. Maka, jangan hanya menulis artikel di blog hanya karena ingin menulis lalu melupakan makna dari menulis itu sendiri. 

Jangankan pembaca, mungkin Anda sendiri juga tidak paham apa yang Anda tulis.Tulisan jangan terlalu panjang untuk ukuran pembaca era digital. Pembaca akan lebih cepat bosan dan lelah menatap layar gawai mereka. Walau jumlah katanya sedikit, pastikan ada makna dan pemahaman yang Anda sampaikan di dalamnya. 

Artikel yang Anda tulis minimal mampu memberikan sebuah pengajaran dan mejelaskan sebuah arti agar pembaca memahami sesuatu setelah membacanya.

5. Periksa lagi tulisan Anda sebelum mempublikasikan

Dengan memeriksa kembali tulisan atau artikel postingan blog sebelum mempostingnya, paling tidak Anda akan menemukan beberapa typo dalam penulisan. Mungkin menurut Anda ini hanya masalah sepele. Tapi jangan biarkan hal ini terus berlanjut.

Jangan terburu-buru mempublikasikan postingan blog, cek kembali tulisan Anda. Kita juga akan menemukan frasa bahkan kalimat kurang tepat untuk dibetulkan.

6. Menulis dengan penuh semangat

Ada istilah writer-block dalam dunia kepenulisan. Itu ketika ide yang sudah terpikirkan jauh-jauh hari tidak mampu dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Untuk mengatasinya, isikan semangat menulis terlebih dahulu. Singkirkan stres dan ingat kembali tujuan Anda menulis. Dengan tujuan yang jelas, akan mendorong Anda untuk tetap kuat dan lebih bersemangat dalam menyelesaikan dan menulis konten untuk blog.

7. Sisipkan gambar/ilustrasi dalam setiap postingan blog

Usahakan setiap menulis postingan di blog, siapkan juga gambar pemanisnya. Baik berupa ilustrasi maupun infografis untuk lebih menegaskan tentang data yang Anda sampaikan di dalam tulisan. Pastikan untuk menulis keterangan pada setiap gambar yang Anda muat. Gambar yang disertai keterangan di bawahnya akan menjadi rujukan bagi perayap mesin pencari dalam menyeleksi informasi dan tertampil di hasil penelusuran gambar.

Pada kesempatan ini, mungkin hanya itu saja panduan singkat menulis artikel menarik di blog. Di artikel berikutnya, saya akan lebih detail membahas teknik menulis artikel blog yang menarik maupun cara membuat kalimat pembuka artikel blog yang disukai pembaca.
Artikel pilihan

Lanjut baca artikel ini

Komentar

  1. setuju banget sama tipsnya.. dan saya yakin sih bahwa setiap tulisan punya pembacanya masing2..

    BalasHapus
  2. menarik untuk Gambar yang disertai keterangan di bawahnya,semangat

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas informasinya, Artikel ini cukup membantu saya dalam menjalankan blog baru saya..
    Mohon bimbingan anda agar blog saya dapat maju seperti blog anda :)

    http://103.56.149.41/

    BalasHapus
  4. Mengomentari poin nomor 6 pas diawal sih semangat pas mulai nulis ngedown lagi bingung mau nulis apaan wkwkwk,, pengalaman pribadi saya nih

    BalasHapus
  5. Hanya poin ke 4 yang mudah bagi saya He He He

    BalasHapus

Posting Komentar